iklan advertorial

 

Apa itu Iklan Advertorial?

Iklan advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan menggunakan gaya penulisan jurnalistik yang lebh halus yang menggunakan 6 pola berita, yaitu 5w+1h 

Dapat dibilang bahwa iklan advertorial adalah iklan dalam bentuk pemberitaan, atau bisa juga disebut dengan  pemberitaan yang bernafaskan nilai-nilai iklan.

Karena iklan ini merupakan bentuk iklan yang halus maka sedikit sulit membedakan mana berita yang asli dan mana yang merupakan advertorial. Untuk mengetahui mana advertorial dan mana berita, perhatikan pada bagian akhir kalimat.

Berikut ini kode atau  yang biasa dipakai untuk membedakan penulisan berita yang ditulis oleh wartawan redaksi, press release dan advertorial:

  • (ays), kode ini menunjukan bahwa penulisnya adalah staff redaksi wartawan yang berininsial “ays”
  • (antara/ays), kode ini menunjukkan bahwa penulisnya adalah staff redaksi berininsial “ays” dengan menggunakan bahan yang dipperoleh sendiri, ditambah dari sumber kantor berita antara.
  • (B11), kode tersebut menunjukan bahwa penulisnya adalah staff redaksi yang namanya hanya diketahui oleh kalangan intern redaksi. Namun,pada beberapa media kode ini dapat dilihat dalam susunan redaksi.
  • (*) atau q, tanda ini biasanya digunakan pada berita yang berasal dari pressrelease yang dikirimkan oleh kalangan nonredaksi.
  • (adv) kode ini menunjukan bentuk penulisan advertorial. “adv” sendiri merupakan singkatan dari advertorial. Untuk menegaskan perbedaan antara berita dengan advertorial, media-media besar tak hanya mencantumkan kode atau tanda seperti disebutkan tadi. Harian kompas misalnya, member nama “iklan” pada bagian atas sebelum judul advertorial.

Fungsi dan Tujuan Iklan Advertorial

Iklan advertorial berfungsi untuk menggabungkan informasi dan pesan dengan menggunakan bahasa yang halus. Disamping itu pembelajaran disampaikan dengan jelas, tegas, dan mudah dipahami masyarakat.

Berdasarkan teori kebutuhan yang dilontarkan seorang psikolog social Abraham Maslow, kata-kata yang disampaikan bukan hanya sekedar untuk meyakinkan, tetapi harus mampu menggoda perhatian.

Jenis dan Sifat Iklan Advertorial

Jenis advertorial dapat dibedakan atas materi yang disampaikan dalam penulisannya. Secara garis besar, jenis iklan advertorial di bagi menjadi beberapa bagian

Iklan Korporat atau Perusahaan :. Topik pembahasannya biasanya mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan olehperusahaan yang bersangkutan.

Iklan Pemerintahan : Jenis iklan ini dalam penulisannya banyak menyajikan pembahasan  mengenai aktivitas di seputar pemerintahan.

iklan jasa : topik ini membahas tentang jenis atau kualitas pelayanan yang disediakan oleh perusahaan penyedia jasa. Misalnya, membahas kualitas layanan penyedia jasa ekspedisi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama