Peluang keuntungan bisnis di media modern

  Di era teknologi modern ini, peluang mendapat keuntungan dari bisnis media sangatlah tinggi. Berbagai jenis platform memberikan banyak kesempatan dalam bidang bisnis, berbagai tawaran iklan bermunculan di berbagai platform, seperti surat kabar, televisi, internet dan lainnya. Konvergensi media dan digitalisai media semakin memperluas peluang keuntungan dalam bisnis media.

Konvergensi media

Konvergensi media dan digitalisasi media sangat memberikan peluang yang tinggi untuk menarik keuntungan. Apa itu konvergensi media? dilansir dari kompas.com bahwa konvergensi media dapat terjadi ketika batasan antar media menghilang, hingga akhirnya terbentuknya sebuah media tunggal. Istilah konversasi media merujuk pada 2 hal yaitu; penggabungan teknologi serta platform media yang sebelumnya berbeda menjadi satu, dan juga sebagai strategi bisnis dimana perusahaan komunikasi menggabungkan atau mengintegrasikan kepemilikannya atas properti media yang berbeda. Dengan adanya hal ini semakin membuka peluang untuk menyebarkan iklan dan berbagai usaha bisnis lainnya.

Digitalisasi media

Digitalisasi media adalah proses perubahan teknologi yang bersifat analog ke teknologi bersifat digital. Salah satu tujuan adanya digitalisasi media ialah untuk membantu masyarakat dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Hal ini memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dalam mencapai kefektifan dalam mengoptimalkan berbagai hal, serta memudahkan mencapai target  pekerjaan.

Dampak perkembangan media di era digitalisasi antara lain, media online berkembang sangat pesat ketimbang media cetak. Zaman ini masyarakat banyak menggunakan internet, website, media sosial untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam hal bisnis, digitalisasi media memberikan banyak manfaat, mulai dari mempermudah jangkauan bisnis, mempromosikan brand, menghemat biaya pemasaran, dll. Dalam era digitalisasi ini pun, keuntungan dalam dunia periklanan sangat tinggi. Dalam ranah periklanan media, banyak jenis iklan yang dapat diaplikasikan, seperti: 

1. Iklan Konvensional

2. Iklan Kontekstual

Baiknya mari kita pahami bagaimana penjelasan dari setiap iklan tersebut,

Iklan Konvensional

dalam dunia bisnis, promosi sangat diperlukan agar nama bisnis yang dikelola semakin menyebar, hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen agar tertarik pada produk yang disajikan. 

Promosi konvensional ialah strategi marketing yang dilakukan dengan cara lama atau masih dilakukan dengan cara tradisional seperti menyebarkan selebaran yang dilakukan secara langsung.

Iklan konstektual

Iklan kontekstual ialah suatu jenis iklan yang menyesuaikan dengan konten atau isi sebuah website maupun blog. Manfaat dari iklan jenis ini ialah menambah besar niat pengunjung untuk klik iklan tesebut sehingga menimbulkan peningkatan pendapatan bagi pemasang iklan. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama