Iklan kontekstual atau contextual advertising, adalah iklan yang ditampilkan berdasarkan konteks dari halaman yang dilihat. Ini adalah salah satu jenis periklanan berbasis web yang secara otomatis memilih dan menampilkan iklan berdasarkan konteks dari halaman di mana iklan tersebut ditampilkan.
Iklan jenis ini muncul baik dalam bentuk teks, maupun iklan gambar/media. Iklan kontekstual bisa muncul pada sebagai iklan banner di sidebar, di dalam konten atau artikel, bahkan dalam bentuk link pada artikel. Terkadang juga tampil sebagai iklan pop-up.
Penyedia layanan iklan kontekstual
Bicara iklan kontekstual, ada 3 pemain utama dalam industri yang telah dikenal secara luas, yaitu:
1. Google
google Adsense untuk penayang dan google adwords untuk pengiklan.
2. chintika
Cara kerja dan konsepnya sama dengan Google Adsense, tapi lebih mudah untuk menjadi penayang. Potensi penghasilan masih lebih rendah dibanding Adsense.
3. media.net
Kerjasama antara Yahoo dan Bing, menjanjikan performa tinggi baik bagi publisher maupun pengiklan.
Mengapa iklan kontekstual bekerja dengan baik?
iklan kontekstual bisa bekerja dengan efektif adalah karena, alih-alih menampilkan iklan secara acak, principle mungkin adalah iklan principle tidak relevan bagi pembaca diary, IA mampu mengenali konten diary lalu menampilkan iklan principle relevan.
Nah, masalah relevansi ini solfa syllable principle membuat iklan kontekstual bekerja secara efektif.
baca juga : Apa sih Cost Per Click?